Tips merawat mata kamu agar tetap indah


Ada peribahasa mengatakan "eye is the lamp of your body", mata adalah lampu dari tubuhmu. Artinya mata merupakan organ utama dalam tubuhmu, karena dari mata lah penampilan seseorang paling terlihat. Contohnya saja, kalau matamu sedang melek, otomatis kamu akan terlihat ceria. Kalau matamu sayup, kamu akan terlihat seakan-akan sedang mengantuk. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita menaruh ekstra perhatian untuk matamu. Lalu bagaimana caranya merawat matamu agar terlihat indah?

Bersihkan mata dari kosmetik sebelum tidur

Ini adalah langkah paling umum dan paling gampang untuk diterapkan. Bukan hanya mata, kamu juga harus membersihkan kosmetik dari seluruh wajahmu sebelum tidur agar tidak menimbulkan kantong mata dan kerutan di umurmu yang masih belia. Utamakan matamu, karena kulit di bagian mata merupakan kulit yang sangat sensitif. Kamu bisa membersihkan kosmetik dengan menggunakan makeup cleanser, baby oil, ataupun susu murni. Setelah itu boleh oleskan krim mata agar bisa merawat mata di malam hari dan bisa memberi efek segar di keesokan harinya.

Lindungi mata dari sinar matahari

Saat beraktivitas di siang hari di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya atau gunakan eye gel untuk untuk menyegarkan mata. Sebaiknya, gunakan kacamata yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet, atau gunakan payung atau topi.

Cukup minum air putih

Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang berarti dapat mencegah timbulnya keriput pada mata.

Konsumsi buah dan sayuran

Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata, disamping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.

Hindari untuk mengucek mata

Apabila tangan yang kotor digunakan untuk mengucek mata, hal ini dapat menyebabkan iritasi mata. Selain itu, mata yang sering dikucek akan lebih menimbulkan keriput. Kamu ngga mau kan, kelihatan tua waktu masih muda.

Kompres mata

Kompres menggunakan potongan kentang atau mentimun selama 10 menit berguna untuk mengurangi lingkaran hitam. Untuk memperlancar peredaran darah pada mata, mata dapat dikompres menggunakan es batu dan diusapkan di sekeliling mata. Sebagai antiseptik untuk mata, masukkan daun sirih pada air panas, dan biarkan uap air mengenai mata Anda. Setelah melakukan perawatan mata, perhatikan juga kebiasaan Anda sehari-hari karena kebiasaan buruk seseorang dapat memicu penuaan dini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...